Saturday 7 August 2010

P3KB (pertolongan pertama pada kamar berantakan),,,

teman..jikalau dirimu adalah satu dari sedikit mahluk langka yang pernah singgah masuk ke kamar saya. tentu pernah mendengar keluhan “standar” yang meluncur dari emak ..
“nah..tengoklah kamar bujang ini, berantakan minta ampun..pemalas bukan main, panteslah dag punyo cewek..”
terlepas dari pernyataan emak saya yang tidak mengindahkan hukum sebab-akibat (apolah hubungan kara berantakan dan kecenderungan punyo pacar?? :p). ini ternyata sudah jadi penyakit akut saya selama bertahun-tahun..

saya, karena menganggap “tingkat keberantakan” kamar masih dalam ambang kewajaran, selalu mengacuhkan omongan emak dan nge-les “yach bu...kamar wong kreatif tuh emang cak ini, ini khan bentuk ekspresi diri..kalo kamarnya rapi, berarti wong tuh kreatifitasnya kurang”..sebuah alasan yang juga perlu dikaji ulang secara ilmiah, (jika anda tertarik membuat makalah “korelasi antara IQ dan kerapian kamar..silahkan hubungi saya.saya bersedia menjadi semple :P)

“pengingkaran” ini terjadi bertahun-tahun, sampe ketika sampe suatu malam (kira-kira jam 7), daku pulang sehabis ngubek-ubek palembang nyari proyek buat KP. saya masuk kamar dan berniat tidur dan gak bangun2 lagi (sangking capeknya)..dan ketika mau merebahkan badan..olala..gak ada tempat buat tidur, cos tempat tidur penuh oleh buku berantakan...ckckckck..

insiden “jum’at kelabu” ini, membuat daku sadar. predikat saya sebagai “tukang bikin berantakan kamar”, sudah sampai taraf yang memprihatinkan. ini adalah alarm peringatan dini buat instrospeksi diri..kenapa kamar saya SELALU berantakan..??,

memberikan marking “selalu” memang tidak berlebihan..tercatat dalam dua tahun terakhir ini, 6 hari adalah rekor tertinggi saya untuk mempertahankan kondisi kamar dalam keadaan rapi, itupun karena penunggunya lagi hijrah ke jogya ikut lomba kuda-kuda..

Tempat OL sampe tengah malem, sambil makan Qtela + minum copi...


setelah dianalis secara mendalam, daku sampai pada kesimpulan. ada dua pokok utama sumber masalah penyebab kamar jadi selalu berantakan :

1. banyak buku yang gak berada di tempat sebagaimana mestinya. tingkat “kehobian” membaca saya ternyata berbanding terbalik dengan kerajinan dalam membereskannya., ternyata selain menambah minus mata, membaca juga punya kecendrungan negatif menyebabkan kamar berantakan..hohoho..
(pesan moral : tanpa menagemen yang baik, hobi baca bisa menyebabkan saudara tidur diatas tumpukan buku ^^)

Lemari buku berantakan...

bahkan bagian atas lemari pun tergusur..2 box kertas catatan,buku, fotocopy-an + satu cpu rongsokan, hasil wara wiri kuliah di civil 3 tahun (+ 2 box lagi dalam gudang)

Bahan kuliah ter-update plus laci yang isinya segala macem, mulai dari sarung tangan sampe seruling jaman sma

2. fakor kedua adalah, saya adalah orang yang cenderung menyimpan “sampah” masa lalu,
ketika anda mau mengenang momen2 indah (ato capek), semasa praktikum nge-lab. sebagai orang normal, mungkin anda akan menggantung foto-foto saat nge-lab tersebut dalam figuran, yang bertengger manis di pojokan dinding. bukan menyimpan SAMPEL BETON hasil praktikum di pojok kamar, atau meletakkan silinder2 tanah hasil percobaan triaksial di atas meja belajar..
hahaha..aneh memang, tapi ternyata bener saya punya kecenderungan mempertahankan barang-barang “berharga” (ato sampah), yang punya kenangan buat saya..mulai dari kertas sampai sample beton..^^

Sample beton..bukan sembarang beton, tapi beton kekuatan tinggi..peserta lomba beton

Sample tanah Triaxial..eemm kalo liat ini jadi ingat "membran" pembungkusnya^^


Nah jika anda mau kamar anda rapi dan kinclong, "sumber masalah" diatas harus dapat diatasi, jangan kelamaan bertindak, cukuplah pemerintah saja yg kelamaan bertindak (just intermezo..^^)..so biasakanlah rapi kawan. karena kerapian adalah sebagian dari iman ..(ooy..kebersihan bukan kerapian.. :P)

nb : jika ada yg turut prihatin dengan derita saya, dan bersedia membantu beres2..silahkan PM..^^

Share |

Post a Comment

1 Comment:

Getereida Pinangkaan said...

hahaa :D beda sm temen2 cowokku, kamar kosannya woww lebih rapi dibandingkan kamarku :(..
emang c klo dirapiin pasti enak diliat, tp ada satu kelemahan klo dirapiin yaitu gag tw posisi barang.. yang semula berantakan jd mudah terlihat, pas dirapiin gag tw deh taroh dimana.. akhirnya dicari2 lg, berantakan lg deh.. haaaa

blogger templates | Make Money Online