Thursday 26 August 2010

Curhat singkat : Berbagi . . .



ucapan nico robin dalam chapter terbaru one piece sungguh inspiratif, memang ada sebuah gap yang sangat besar antar "do something for yourself" dan "do something for someone", manusia adalah mahluk sosial dan diberkahi tuhan dengan "naluri berbagi" untuk orang lain.

seperti yang dicontohkan robin, saat seseorang memotivasi diri sendiri untuk "do something for someone" ( someonespesial ,,tentunya), saat itulah potensi sesungguhnya akan keluar. Seorang yang se" Introvert" nico robin pun menemukan kebahagiaan tersendiri saat berusaha menjadi "kuat" demi orang lain, saya rasa kita semuapun akan merasakan begitu (kecuali anda adalah seorang seorang misantropik akut.. :P)


saya jadi ingat sepenggal adegan di novel "harry potter and the sorcerer's stone". scane dimana ron pertama kali bertemu harry dalam kereta menuju hogwarz (berikut saya kutip langsung) . . .


...ron sudah mengeluarkan bungkusan besar dan membukanya. ada empat senwich di dalamnya. ron membuka satu diantaranya dan berkata, "mom selalu lupa aku tidak suka kornet."


"tukar saja dengan ini," kata harry seraya mengulurkan pastel."ayo, tukar . . . "


"kau tak akan mau roti ini, sudah kering," kata ron. "momtak punya banyak waktu," dia menambahkan cepat-cepat, "maklumlah, anaknya banyak" . .


"ayolah, pastel ini untukmu" kata harry . . .



yaks..cut..kalo cetitanya bersambung sampai sini, kita semua boleh menebak-nebak.."apa sih motif harry menawarkan pastel pada ron, yang notabene-nya adalah orang yang baru dikenalnya ? "


kita bisa berspekulasi macam-macam, bisa saja "pastel "tersebut diberikan sebagai tanda persahabatan. mungkin harry ingin mengambil simpati ron, atau mungkin harry takut sendirian (dengan sagala keanehan yangbaru ditemuinya) dan "memanfaatkan" pastel untuk membuat ron tetap "stay"menemaninya,..ada begitu banyak alasan


tapi apa yang ditulis rowling selanjutnya ...?


"ayolah, pastel ini untukmu" kata harry, yang belum pernah memiliki sesuatu untuk berbagi atau, malahan, orang lain yang bisa diajak berbagi. senang rasanya, duduk bersama ron, makan pastel dan bolu sepanjang perjalanan (sendwich-nya tergeletak terlupakan)..



begitulah, seseorang mau berbagi (entah itu cerita, perasaan sedih-gembira, harta, dll). naturalnya, bukan karena itu menguntungkan untuk dia (secara fisik), namun ada perasaan menyenangkan saat kita mampu berbagi..jauh di dalam otak kita, tersembunyi dalam monoamina- monoamina yang masih misterius, Tuhan telah mem"build-in" semacam kebahagiaan tersendiri dalam berbagi..

penutup, ijinkan saya mengutip salah satu hadish, Rasulullah SAW bersabda "Khairunnas anfa'uhum linnas"

"Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak mamfaat bagi orang lain." . . . . . . .

nb : berhubung blom baca chapternya sempe selesai, ternyata ada lagi page tentang berbagi di chapter ini. kali ini giliran scane-nya si usop :


Share |

Post a Comment

0 Comments:

blogger templates | Make Money Online