Monday 5 July 2010

Sepak bola & "Drama" Lapangan Hijau....(analisa ngawur ^^)

DRAMATIS….itulah kata yang paling cocok buat menggambarkan partai perdelapan finai world cup2010 yang mempertemukan paraguay dan spayol, dibilang dramatis tentu karena drama-drama yang terjadi sepanjang 2 x 45 menit laga kedua kesebelasan tersebut. di luar prediksi daku dan banyak kalangan, spayol yang jauh lebih diunggukke ternyata kudu berjuang setengah mati buat memenangkan laga ini, kalo saja ada vote “pertandingan paling dramatis di piala dunia”..tentulah saya bakal vote satu suara buat laga ini..





Puncak dramanya adalah dua kesempatan tendangan pinalti susul menyusul diperoleh kedua belah tim..yang Dramatisnya (lagi-lagi), sama-sama gagal di eksekusi dengan sempurna. Kesempatan pertama saat pemain paraguay dilanggar dengan ditarik jatuh di kotak pinalti, naasnya eksekusi pinalti Cardoso. Bisa ditanggkap sempurna oleh kipper spayol iker cassilas, blom jedah menarik napas, penonton dipaksa menahan nafas lagi..counter attack cepat spayol menyebabkan pemain spayol terpaksa dilanggar di daerah terlarang yang berbuah pinalti buat spayol…bak de javu..setelah eksekusi pinalti yang terpaksa diulang. Kipper Paraguay sukses memblok tendangan keras striker spayol david villa..sungguh dua orang pengeksekusi pinalti ini bernasip sial malam ini, from hero to zero..

Drama lagi ketika gol tunggal spayol terlebih dahulu membentur tiang gawang 2 kali sebelum melenggang pelan masuk ke gawang Paraguay...sungguh 2 x 45 menit yang penuh drama kejutan..
diantar keseruan nonton bola di rumah ini, saya teringat celetukan emak yang sering timbul ringam-nya ketika kami , cowok-cowok dirumah (daku & ayah), batah-betahnya ampe lumutan memonopoli tv di ruang depan buat nonton sepak bola..emakku tak habis pikir, kenapa kami (terutama saya yang setengah autis & dag bisa diam) bisa tenang duduk manis menyaksikan 2 x 11 cowok uber2ran bola di lapangan seluas 110 x 75 m..

buat emak, sangat aneh…kok bisa dua manusia ini (dan celakanya, kami bukan satu-satunya^^) bisa tahan nonton sepakbola, dak ada bosan2 bosannya??kalo sore nonton liga super (local), malem nonton liga ingris (interlokal)…buat emak tidak ada secuilpun menarikanya nonton sepakbola..celetukan yang langsung disetujui oleh adhek saya (adhek saya cewek). Ketika saya coba jelaskan, kalo sepak bola zaman sekarang bukan lagi cuma sekedar olah raga, tapi udah jadi seni (art), life style (kalo gak nonton bola = cupu), dan infotainment..emak dak bisa terima penjelasan itu, menurutnya lebih seru nonton sinetron ato acara gossip (yg berkedok infotainment, padahal isinya cupa ngato-ngatoi artis :P)..saya pun dalam hati kurang puas dengan penjelasan saya..jauh di lubuk hati, saya bertanya juga..”kenapa daku (ban ribuan orang lainnya) suka nonton sepak bola?”

daku bukan orang yang sporty kawan, daku jarang bersangkut paut dengan yang namanya olah fisik, satu2nya olah raga yang saya paling gape main adalah bola basket(gara-gara nonton film air bud & space jamp^^). itupun cuma selama smp + kelas 1 sma, seringnya juga cuma main sendiri…
daku bukan tipikal orang sporty yang senang olah raga, dalam kasus bola pun demikian. Daku Cuma doyan nonton. Dag doyan main..nah..banyak aku jumpai orang-orang semacam aku ini, saya yakin, haqul yakin…bahwa 80% penonton sepak bola di dunia ini cuma doyan nonton, gak doyan maen (setipe saya)..jadi pertanyaanya…”mengapa??”

barulah semalam kawan teman..seusai nonton pertandingan spayol kontra paraguay, sambil mikir-mikir dan makan choky-choky (sedikit tips buat yang doyan makan choky2, rupanya dalam keadaan beku, choky-choky lebih enak dan gampang dimakan^^)..daku temukan esensi jawabannya,..tak lain dan tak bukan karena pertandingan sepakbola selalu penuh dengan DRAMA..buat saya menonton sepakbola, serupa dengan menonton infotainment dan gosip2-an buat emak saya ato serupa dengan nonton “boys before flower” buat adhek saya. .

Setiap orang jauh di dalam hatinya menyukai drama, biarpun dia orang yang datar saja hidupnya (flat^^). Si flat ini tetap tidak menyukai suguhan yang datar-datar saja, setiap orang suka dipemainkan emosinya, suka ketegangan, suka sesuatu yang bikin dia gregetan..namun dengan kadar yang berbeda, dengan bentuk yang berbeda2 pula (dipengaruhi macam macam faktor) ,

kalo Sigmund freud percaya alam bawah sadar manusia dipenuhi agresifitas dan agresifitas itu ditekan/ disumbat oleh apa yang dimanakan freund “inhibisi”. Daku juga punya teori versi laen kalo sesungguhnya di alam bawah sadar manusia, se-flat apapun orangnya, tetap dipenuhi kehausan akan drama-drama yang disumbat oleh berbagai faktor, dalam kasus saya penyumbatnya adalah gengsi (bagi mahasiswa psikologi yang tertarik dengan teori saya, silahkan hubungi saya..teori ini blom ada patennya^^). Dalam kasus saya, saya mendeklarasikan sebagai diri manusia yang anti infotainment dan anti sinetron, karena gengsi saya menolak diri saya untuk menyaksikan “tontonan’ (yg menurut saya) tidak bermutu semacam itu, jadilah kehausan saya akan drama coba saya penuhi dengan nonton sepak bola,
setiap orang punya cara lain dalam memenuhi “kehausan” ini, ada yang menyalurkannya dengan baca novel, dengan maen games, malah lebih parah ada yang sengaja menyulut2 pertengkaran kecil (ato malah tawuran besar^^). Pernahkan saya dengar dari teman, yang lagi marahan dengan pacarnya kalimat semacam ini..“ yang namanya bertengkaran dalam pacaran/rumah tangga itu biasa, itulah “bumbu” dalam hubungan” …alahh..bagaimana pula berkelahi dibilang “bumbu dalam hubungan”, sungguhnya teman daku menganggap hal semacam itu sebagai drama-drama kecil yang sengaja dibuat^^

Jelaskah sekarang buatku teman, mengapa acara televisi nan tak berbobot macam “buaya emang kuya” & “termelet-melet” tetap rame penonton dan tinggi rating. Sungguhpun si penonton sadar benar kalo dia lagi di bohongi, tetap saja banyak yang doyan nonton, bukan karena mereka adalah manusia yang doyan dibohongi tapi karena bagi mereka acara semacam itu jadi pemuas dahaga mereka akan drama. Menyukai drama agaknya udah jadi kode bawaan dalam gen manusia..tinggalah kita mengarahkannya dengan benar, biar tetap bermanfaat, tidak merusak, dan utamanya tidak norak^^..betul nggak??^^

Share |

Post a Comment

0 Comments:

blogger templates | Make Money Online