Sunday 14 November 2010

10 Books that Define Me . . .

Ketika lagi iseng blogwalking, gak sengaca ke baca page seorang blogger yang menampilkan 15 buku favoritnya. setelah dipikir, sayapun punya beberapa buku (entah penting ato nggak). yang punya andil besar buat saya
Meskipun banyak buku parkir dilemari, nggak sulit memilih 10 diantaranya Inilah (kalo bisa di bilang) 10 buku itu :


JOMLO


Kalau ada buku “paling gak penting” yang memberi perubahan fundamental dalam hidup saya, itu pastilah novel berjudul “Jomblo” ini.

Bukan..bukan..ini tidak ada hubungannya dengan masalah romece dan cinta-cintaan, jangan salah tafsir dengan judulnya. Buku ini menjadi penting, karena menjadi salah satu faktor “X” yang membuat saya memilih masuk jurusan teknik sipil..

Lho kok bisa??

Merasa aneh??saya saja masih bingung sampai sekarang…

Novel ini bercerita tentang 4 anak teknik sipil di sebuah perguruan tinggi fiktif di bandung, tentang persahabatan & kisah percintaan mereka, dibalut dengan humor disana-sini, benar-benar menghibur. Dari novel inilah pertama tercetus ide, “kalo masuk teknik sipil, mungkin keren juga yach??” (saat itu saya bener-bener lagi bingung buat ngisi pilihan ke dua di form pendaftaran spmb^^), wal hasil jadilah saya cari-cari tahu tentang TS. Hahahaha,

“Tuhan memang bekerja dengan jalan yang misterius”

Personal rating :

NOBITA DAN KERAJAAN AWAN




buku yang paling berperan besar dalam proses saya belajar membaca gak lain dan gak bukan..eng-ing-eng..

”Nobita dan kerajaan Awan”.

saya ingat waktu itu kelas satu SD, saya kelayapan di rumah tante, dan men-jambret Komik ini di kamar sepupu saya. Komik inilah buku yang pertama saya baca sampai khatam, dari komik ini juga saya belajar mengeja.

ketertarikan saya pada science dan ilmu alam juga jangan-jangan gara-gara “tertular” dari komik ini (saya ingat ketika doraemon menerangkan proses terciptanya awan, dengan ilmiah namun gampang dimengerti..)

Well..big thank buat Fujikawa F. Fijio, tanpa doraemonnya, mungkin saya tetap buta huruf sampai sekarang..hahahahaha (lebay mode on)

Personal rating :


Q.E.D



Saya suka cerita detektif, entah itu novel ataupun komik.

Banyak temen yang bilang, Detective Conan adalah komik detective paling bagus,,,

Yups..Conan emang bagus, tapi untuk predikat paling, nanti dulu..saya punya jagoan yang lain, Q.E.D.

Ceritanya tentang anak genius keluaran M.I.T yang kembali bersekolah di SMU, komik ini, nggak seperti cerita investigasi lain, sama sekali nggak ada unsur dramatis-dramatisnya, sebaliknya membaca Q.E.D, saya merasa seperti membaca buku science popular & buku sejarah, So Toma (tokoh utama) yang digambarkan serba tahu ini, dalam proses investigasinya banyak bicara tentang teori matematik, ilmu lam, sejarah, dll.

Komik yang sungguh menghibur + menambah wawasan..

Personal rating :



THE ORIGIN OF SPECIES



Waaah.. yang satu ini, selalu penuh pro-kontra, The Origin of Spesies…

Dibalik banyaknya kalangan yang gak suka, saya mengagumi sisi keilmuan Darwin, skeptisme-nya, lebih mementingkan observasi dari pada persepsi

Sebuah bacaan wajib buat siapapun yang berkecimpung dalam dunia biologi, just like Theodosius Dobzhansky say, "Nothing in Biology Makes Sense Except in the Light of Evolution". “Tanpa teori evolusi, biologi adalah ngawur.“

Personal rating :



SUPERNOVA : PETIR



Dewi lestari adalah satu dari sedikit penulis Indonesia yang saya sukai^^

“Petir” ini adalah satu Serial supernova, dan jadi favorit saya, bercerita tentang gadis bernama elektra, cewek yang punya kemapuan aneh "bisa nyetrum". penuh humor, namun dibaliknya tersembunyi pesan2 filosofis

novel yang menghibur sekaligus mencerahkan, (terlebih ada kenangan pribadi perihal novel ini, sewaktu jaman SMA^^.wkwkwkw)

Personal rating :



A HISTORY OF WESTERN PHILOSOPHY



Seorang teman pernah nge-joke seperti ini,

Katanya “tahukan kamu apa itu filsafat??, adalaha sesuatu yang dikunyah sepanjang jaman, tapi tidak pernah bias ditelan”..

mungkin dia benar, tapi sekalipun selalu bergumul di area abu-abu yang gak pernah ada jawaban tuntas, saya rasa setiap orang perlu belajar filsafat.

buku yang sangat membuka wawasan. Tiap bab menceritakan tokoh filusuf popular beserta pemikiran-pemikiran filosofis mereka, mulai dari Pytagoras, Socrates, sampe kant dan karl marx, menarik namun berat.

most recommended buat siapa saja yang suka filsafat..

Personal rating :



THE PROPHET



saya orangnya jauh dari romantis, gak jago merangkai kata puitis, dan gak ada bakat jadi seniman sama sekali..tapi kalo ditanya, apakah ada buku sastra yang sangat berkesan buat saya??

Saya jawab inilah bukunya, sang nabi buakn sekedar bicara soal romansa cinta-cintaan, dia bicara soal segala aspek pentinng kehidupan manusia, tentang budaya, social, politik, hokum, dan laennya, tentunya dibalut dengan syair-syair indah,

membaca “sang nabi-nya kahlil gibran” adalah sebuah pengalaman “seni” yang menyenangkan..(buat orang yang sama sekali tumpul “sense” seninya, macam saya^^)

Personal rating :

A BRIEF HISTORY OF TIME



saya selalu curiga, jangan-jangan ketertarikan misterius saya pada fisika (terutama fisika modern teoritis) bermula waktu dulu sekali saya baca buku ini.

Sebuah bacaan fisika untuk orang awam fisika, menjelaskan proses-proses yang menjadi tiang fisika modern, tentang lubang hitam, tentang teori big bang, etc, namun tetap dengan gaya yang bisa dinikmati siapapun, entah itu mahasiswa science ato mahasiswa ekonomi, semua tetap bisa menangkap esensinya.

Stephen hawkin dengan karya-nya satu ini membuktikan Fisika pun bisa jadi sangat menarik dan menyenangkan ^^

Personal rating :



CATATAN SEORANG DEMONSTRAN




Saya rasa setiap mahasiswa di Indonesia wajib membaca buku ini.

Catatan harian Soe Hok Gie, berisikan pandangannya terhadap segala macam hal, tentang keadaan social politik di era itu, tentang filosofi-filosifinya, tentang hal-hal nggak peting namun menarik seputar hidupnya.

puitis dan penuh romantime. Menarik tapi juga menohok, membuat kita mearasa tersentil. Betapa minim kepedulian kita yang telah di daulat sebagai “kaum intelegensia” (begitu gie menyebutnya).

***
Saya mimpi tentang sebuah dunia,
Dimana ulama, buruh dan pemuda,
bangkit dan berkata Stop semua kemunafikan,
Stop semua pembunuhan atas nama apapun.

Dan para politisi di PBB,
Sibuk mengatur pengangkutan gandum, susu dan beras,
Buat anak-anak yang lapar di tiga benua,
Dan lupa akan diplomasi.

Tak ada lagi rasa benci pada siapa pun,
Agama apa pun, ras apa pun, dan bangsa apa pun,
Dan melupakan perang dan kebencian,
Dan hanya sibuk dengan pembangunan dunia yang lebih baik.

Personal rating :



BUKU PINTAR



wah yang ini adalah “kitap suci” saya jaman sd, betapa saya dulu (yang masih lugu) berfikir betapa pandai orang bernama Iwan Gayo ini, Segala tahu..hehehehe..

Buku pintar ini selalu saya bawa kemana-mana,

dan sampai kelas 4 saya percaya kalo semua masalah di dunia bisa diselesaikan dengan satu buku ini..hehehe

Personal rating :




Share |

Post a Comment

0 Comments:

blogger templates | Make Money Online